Minggu, 19 Oktober 2014

PEMBAHASAN SOAL UTS AKT PERUSAHAAN JASA SMK DR XI



Mata Pelajaran   : Akt Perusahaan Jasa & Dagang
KELAS                : XI

 
I.    Pilihlah dan beri tanda silang  ( X ) a, b, c, d, atau e dengan benar dan tepat.


1.      Jenis-jenis bidang usaha yang termasuk profesi adalah ….
a.       Perusahaan telpon, station tv, radio,
b.      Akuntan, klinik bersalin
c.       Bioskop, taman hiburan
d.      Hotel, asrama
e.       Salon, bank
2.      Yang dimaksud perusahaan jasa adalah ….
a.       Perusahaan yang kegiatannya menjual jasa dalam bidang berbagai pelayanan yang memberikan kemudahan , kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukan.
b.      perusahaan yang usaha utamanya membeli barang dan dijual kembali kepada pihak lain melalui transaksi yang bertujuan untuk mendapatkan laba .
c.       perusahaan yang mengubah barang mentah menjadi produk jadi melalui proses produksi kemudian dijual kepada pelanggan
d.      perusahaan yang mengubah barang setengah jadi menjadi produk jadi melalui proses produksi kemudian dijual kepada pelanggan
e.       Perusahaan yang kegiatannya menjual usaha dalam bidang berbagai pelayanan yang memberikan kemudahan , kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukan.
3.      Karakteristik perusahaan jasa diantaranya yaitu Varrability, adalah ….
a.       Tidak dapat dipisahkan
b.      Tidak berwujud
c.       Berubah – ubah
d.      Mudah lenyap
e.       Berwujud
4.      Karakteristik perusahaan jasa diantaranya yaitu intrangibility, adalah ….
a.       Tidak dapat dipisahkan
b.      Tidak berwujud
c.       Berubah – ubah
d.      Mudah lenyap
e.       Berwujud
5.      Karakteristik perusahaan jasa diantaranya yaitu inspirability, adalah ….
a.       Tidak dapat dipisahkan
b.      Tidak berwujud
c.       Berubah – ubah
d.      Mudah lenyap
e.       Berwujud
6.      Apa yang dimaksud dengan karakteristik jasa yang tidak berwujud ….
a.       Mempunyai sifat tidak berwujud karena tidak bisa dilihat, dicium, terasa, didengar atau diraba sebelum ada transaksi pembelian.
b.      Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya
c.       Jasa dapat berubah – ubah karena sangat tergantung pada siapa yang menyajikan kapan dimana disajikan
d.      Daya tahan jasa tidak tetap dan mudah hilang
e.       Tidak terlihat dan menghilang begitu saja
7.      Apa yang dimaksud dengan karakteristik jasa yang berubah - ubah ….
a.       Mempunyai sifat tidak berwujud karena tidak bisa dilihat, dicium, terasa, didengar atau diraba sebelum ada transaksi pembelian.
b.      Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya
c.       Jasa da[at berubah – ubah karena sangat tergantung pada siapa yang menyajikan kapan dimana disajikan
d.      Daya tahan jasa tidak tetap dan mudah hilang
e.       Tidak terlihat dan menghilang begitu saja
8.      Ciri – ciri perusahaan:
1)      Kegiatannya memberi pelayanan jasa kepada masyarakat.
2)      Pendapatan utamanya berasal dari penjualan barang dagangan.
3)      Pendapatannya berasal dari hasil penjualan jasa kepada masyarakat.
4)      Terdapat akun persediaan barang atau barang dagangan.
5)      Tidak terdapat perhitungan harga pokok penjualan.
6)      Terdapat Harga pokok Penjualan untuk menentukan laba/rugi
Yang termasuk ciri – ciri perusahaan jasa adalah ….
a.       1,2,3               d. 2,3,4
b.      1,3,5               e. 1,4,6
c.       1,3,6
9.      Suatu daftar yang membuat kolom-kolom neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo disesuaikan, laba rugi, dan neraca yaitu ….
a.       Neraca lajur
b.      Laporan laba rugi
c.       Cash flow
d.      Perubahan ekuitas
e.       Jurnal umum
10.  Bagian dari laporan keuangan suaru perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan adalah ….
a.       Neraca lajur
b.      Laporan laba rugi
c.       Cash flow
d.      Perubahan ekuitas
e.       Jurnal umum
11.  Manfaat arus kas diantaranya yaitu ….
a.       Sebagai indikator jumlah arus kas dimasa yang akan datang
b.      Meringkas laporan keuangan perusahaan agar mudah dilihat
c.       Menilai kecermatan atas taksiran arus kas yang telah dibuat sebelumnya
d.      a dan b benar
e.       a dan c benar
12.  aliran arus kas  yang terjadi dari kegiatan (penerimaan) kas yaitu ….
a.       Cash flow
b.      Cash in flow
c.       Cash out flow
d.      Operating cash flow
e.       Statement cash flow
13.  Aliran arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas adalah ….
a.       Cash flow
b.      Cash in flow
c.       Cash out flow
d.      Operating cash flow
e.       Statement cash flow
14.  Ada 2 cara pencatatan arus kas menurut sumber data terdiri dari ….
a.       Langsung dan tidak langsung
b.      Cepat dan tidak cepat
c.       Mudah dan tidak mudah
d.      Singkat dan lengkap
e.       Pendek dan panjang
15.  Aktivitas yang tercatat dalam arus kas diantaranya …
a.       Arus kas informasi, investasi dan operasi
b.      Arus kas keluaran, masukan dan keluar masuk
c.       Arus kas investasi, pendanaan dan operasi
d.      Arus kas informasi, operasi, dan pembelian
e.       Arus kas panjang, sedang dan pendek
16.  Dibawah ini termasuk necara lajur bentuk berapa kolom….
No
Nama akun
Neraca saldo
Penyesuaian
Neraca saldo disesuaikan
Laba rugi
Neraca
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K












  1. a.         Bentuk lajur 10 kolom
  2. b.      Bentuk lajur 8 kolom
  3. c.       Bentuk lajur 12 kolom
  4. d.      Bentuk lajur 7 kolom
  5. e.       Bentuk lajur 6 kolom

17.  Jurnal yang dibuat akhir periode untuk melihat nilai akun-akun setiap buku besar yang belum mencerminkan jumlah yang sebenarnya adalah ….
a.       Jurnal umum
b.      Jurnal penyesuaian
c.       Jurnal penutup
d.      Jurnal harian
e.       Jurnal buku besar
18.  Yang termasuk akun-akun yang memerlukan penyesuaian adalah kecuali….
a.       Prepaid expense
b.      Deffered expense
c.       Deffered revenue
d.      Accrued receivable
e.       Accrued revenue
19.  Dari soal no. 20, bagaimana jurnal penyesuaian per 31 Desember 2008 ….
a.       Sewa dibayar di muka  Rp. 2.500.000
Kas      Rp. 2.500.000
b.      Beban sewa Rp. 2.500.000
Kas      Rp. 2.500.000
c.       Beban sewa Rp. 12 juta
Sewa dibayar di muka Rp. 2.500.000
d.      Sewa dibayar di muka Rp. 9.500.000
Beban sewa     Rp.  9.500.000
e.       Sewa diterima dimuka Rp. 9.500.000
Kas      Rp. 9.500.000
20.  Pada tanggal 1 Agustus 2008 perusahaan membayar sewa kantor untuk masa 2 tahun sebesar Rp. 12.000.000, bagaiman jurnal umumnya dicatat sebagai harta ….
a.       Sewa dibayar di muka  Rp. 12 juta
                  Kas Rp. 12 juta
b.      Beban sewa Rp. 12 juta
                 Kas Rp. 12 juta
c.       Beban sewa Rp. 12 juta
                   Sewa dibayar di muka Rp. 12 juta
d.      Sewa dibayar di muka Rp. 12 juta
                Beban sewa Rp. 12 juta
e.       Sewa diterima dimuka Rp. 12 juta
    Kas Rp. 12 juta




I.     ESSAY
1.      Jelaskan Karakteristik Perusahaan Jasa  dan pengertian Jasa beserta contohnya!
Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud, serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Proses produksinya mungkin dan mungkin juga tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.
Jenis jasa Bidang usaha
komunikasi                              :Perusahaan telepon, station TV,radio
profesi                                     : Akuntan,klinik bersalin
hiburan                                    : Bioskop, taman hiburan, kebun binatang
Tempat tinggal                         :Hotel,asrama, guest house
Keahlian perorangan               : Salon kecantikan, penjahit, studio foto
pertanggungan                        : asuransi 
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa dalam bidang berbagai pelayanan yang memberikan kemudahan,kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukannya.
Karakteristik perusahaan jasa :
  • Ketidakberwujudan( intangibility) : jasa biasanya tidak dapat didentifikasi secara fisik sehingga tidak dapat disimpan dan harus segera dikonsumsi pada saat diperoleh
  • Ketakterpisahkan(inspirability) : keterlibatan konsumen tidak dapat dipisahkan dari jasa yang harus diberikan dan dalam hal tertentu konsumen lain juga terlibat dalam menikmati jasa ,misal bioskop
  • Keanekaragaman( heterogenity) : jenis dan kualitas layanan berbeda –beda untuk tiap konsumen sehingga sulit distandarisasikan kegiatan layanannya ,misal jasa rumah sakit
  • Keterlenyapan( perishability) : manfaat mereka pada jasa akan habis /lenyap dengan cepat sehingga konsumsi jasa akan dilakukan konsumen secara berulang. Misal jasa cuci mobil.
  • Berubah – ubah (variability) Jasa sesungguhnya sangat mudah berubah – ubah karena jasa ini sangat tergantung pada siapa yang menyajikan, kapan dan dimana disajikan .

2.      Gambarkan Siklus Akuntansi

3.      Berikut ini adalah neraca saldo Perusahaan ALEXA yang bergerak pada bidang jasa salon per 31 Desember 2008.

Perusahaan SALON ALEXA
NERACA SALDO
Per 31 Desember 2008

Keterangan
Debit
Kredit
Kas
6.450.000
-
Surat Berharga
30.000.000
-
Piutang Dagang
7.500.000
-
Persekot Asuransi
2.400.000
-
Perlengkapan Salon
3.250.000
-
Peralatan Salon
25.000.000
-
Hutang Dagang
-
5.500.000
Modal, Alexa
-
59.700.000
Penghasilan Salon
-
21.750.000
Biaya Sewa
1.800.000
-
Biaya Gaji
3.950.000
-
Biaya Telpon & Listrik
1.450.000
-
Biaya Lain-lain
2.400.000
-
Prive
2.750.000
-
Jumlah
86.950.000
86.950.000
Data dalam neraca saldo tersebut belum seluruhnya siap untuk secara langsung dicantumkan pada laporan keuangan karena adanya informasi-informasi sebagai berikut :
1.    Surat berharga berupa obligasi berbunga 18% per tahun, bunga dibayar tiap 6 bulan sekali dibelakang, tiap tanggal 1 Maret dan 1 September.
2.    Ada gaji karyawan bulan Desember yang belum dibayar Rp 450.000,-
3.    Penghasilan Salon yang diterima dimuka adalah sebesar Rp 500.000,-
4.    Pada 31 Desember 2008 persekot asuransi tinggal Rp 600.000,-
5.    Kerugian piutang ditaksir sebesar 2% dari saldo piutang dagang
6.    Penyusutan peralatan salon ditetapkan sebesar 10%
7.    Perlengkapan salon yang masih ada digudang sebesar Rp 1.400.000,-

Diminta : Membuat Jurnal Penyesuaian

Jurnal Penyesuaian
Tanggal
Keterangan
Jumlah
Debet
Kredit
Des
2008
31
Piutang Penghasilan Bunga
     Penghasilan Bunga
1.800.000
-
-
1.800.000
31
Biaya Gaji
450.000
-
      Hutang Gaji
-
450.000
31
Penghasilan Salon
500.000
-
      Penghs.Sln dirtm.Dimuka
-
500.000
31
Biaya Asuransi
1.800.000
-
      Persekot Asuransi
-
1.800.000
31
Kerugian Piutang
150.000
-
      Cad.Kerug.Piutang
-
150.000
31
Biaya Penys.Peralatan Salon
2.500.000
-
      Akum.Penys.Peral.Salon
-
2.500.000
31
Biaya Perlengkapan Salon
1.850.000
-
          Perlengkapan Salon
-
1.850.000
Total
14.700.000
14.700.000

Catatan :

1.            Penghasilan Bunga = 4/12 x 18% x Rp 30.000.000,- = Rp 1.800.000,-

2.            Persekot Asuransi = Rp 2.400.000 -  Rp 600.000,- = Rp 1.800.000,-

3.            Kerugian Piutang = 2% x Rp 7.500.000,- = Rp 150.000,-

4.            Penyusutan Peralatan = 10% x Rp 25.000.000 = Rp 2.500.000,-

5.            Biaya Perlengkapan = Rp 3.250.000 – Rp 1.400.000,- = Rp 1.850.000,-








3 komentar: